PEMETAAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI PERMAINAN BOLA BESAR KELAS V DI SD N SE-KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN

Wijaya, Febri Eka (2019) PEMETAAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI PERMAINAN BOLA BESAR KELAS V DI SD N SE-KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FEBRI EKA WIJAYA (15604221071).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pemetaan penggunaan metode pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi permainan bola besar kelas V di SD N se-Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada 10 Maret – 30 April 2019 dan dalam penelitian ini yang diteliti berjumlah 18 RPP. Yang dianalisis adalah komponen-komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang metode pembelajaran yang digunakan oleh Guru PJOK kemudian di skoring dan hasil tersebut dipersentasekan. Metode yang digunakan peneliti pada penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik menganalisis dokumen atau istilah lain dari analisis ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil teknik analisis data menunjukan bahwa analisis rencana pelaksanaan pembelajaran guru PJOK tentang penggunaan metode mengajar permainan bola besar kelas V di SD Negeri se-Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman menunjukan bahwa penggunaan metode paling dominan yaitu Metode Diskusi dengan persentase 30,00%; Metode Ceramah dengan persentase 20,00%; Metode Praktik Lapangan dengan persentase 17,50%;Metode Tugas dan Resitasi dengan persentase 15,00%; Metode Demonstrasi dengan persentase 12,50%; Metode Permainan dengan persentase 5,00%; Metode Simulasi, Metode Rangkaian Bermain, dan Metode Rangkaian Latihan dengan persentase 0%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PJOK, pembelajaran, metode mengajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2019 04:11
Last Modified: 31 Oct 2019 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66479

Actions (login required)

View Item View Item