FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN RENDAHNYA MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SIKAP LILIN DI SMP NEGERI 2 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

Putra, Alfian Damara (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN RENDAHNYA MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SIKAP LILIN DI SMP NEGERI 2 KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi peserta didik kelas VIII dalam pembelajaran senam lantai sikap lilin di SMP Negeri 2 Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survei dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dan sumber data penelitian ini adalah 12 peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Teknik analisis data model Miles dan Huberman meliputi: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fakor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi peserta didik kelas VIII dalam pembelajaran senam lantai sikap lilin di SMP Negeri 2 Kejobong, Kabupaten Purbalingga adalah: (1) faktor instrinsik berupa bakat yang tidak dimiliki oleh peserta didik. (2) Faktor ekstrinsik berupa metode mengajar yang digunakan, yaitu teknik komando dan latihan. Keduanya tidak mampu menarik perhatian peserta didik. Alat pembelajaran yang digunakan belum mampu menarik perhatian peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor pengaruh, motivasi, senam lantai sikap lilin
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:56
Last Modified: 31 Oct 2019 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66472

Actions (login required)

View Item View Item