PERSEPSI SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Riadly, Fedy Faqihuddin (2019) PERSEPSI SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi siswa kelas khusus olahraga SMA Negeri 4 Yogyakarta terhadap pembelajaran renang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan pembelajaran renang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas khusus olahraga SMA Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Validasi data menggunakan rumus product moment dengan r hit > r tab (0,423). Hasil uji coba instrumen dari 30 butir pernyataan, gugur 3 butir pernyataan dan diperoleh 27 butir pernyataan yang valid dan reliabel. Reliabilitas menggunakan cronbach alpha yaitu reliabilitas 0,914. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan rincian “sangat positif” ada 42 atau sebesar (46,67%), siswa menyatakan “positif” ada 44 atau sebesar (48,89%), siswa yang menyatakan “kurang positif” ada 4 atau sebesar (4,44%), dan tidak ada siswa yang menyatakan “negatif” atau (0,00%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, pembelajaran renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:37
Last Modified: 31 Oct 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66469

Actions (login required)

View Item View Item