HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH DENGAN STRES PADA SISWA AKSELERASI DI SMP N 5 YOGYAKARTA

Mei Septi Trianingsih, Septi (2012) HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH DENGAN STRES PADA SISWA AKSELERASI DI SMP N 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH DENGAN STRES PADA SISWA AKSELERASI DI SMP N 5 YOGYAKARTA Oleh: Mei Septi Trianingsih 07104244009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penyesuaian diri di sekolah dengan stres pada siswa akselerasi di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa akselerasi di SMP N 5 Yogyakarta. Subjek penelitian berjumlah 50 siswa, jumlah subjek dari populasi dipakai semua. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala, sedangkan instrumen penelitian berupa skala penyesuaian diri di sekolah dengan skala stres. Uji validitas instrumen dilakukan dengan rumus Product Moment dari Carl Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dari Cronbach. Dari uji reliabilitas variabel penyesuaian diri di sekolah diperoleh reliabilitas sebesar 0,933 dan variabel stres sebesar 0,925. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dari Carl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara penyesuaian diri di sekolah dengan stres pada siswa akselerasi di SMP N 5 Yogyakarta. Besarnya hubungan dapat dilihat dari nilai harga korelasi yang diperoleh sebesar 0.561 dengan koefisien korelasi (ρ) sebesar -0.749 yang menunjukkan nilai ρxyxy = -0.749 lebih kecil dari 0. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa semakin tinggi penyesuaian diri di sekolah maka semakin rendah tingkat stres, demikian pula sebaliknya semakin rendah penyesuaian diri di sekolah maka semakin tinggi tingkat stres. Untuk kategori penyesuaian diri di sekolah pada siswa akselerasi di SMP N 5 Yogyakarta dalam penelitian ini berada pada kategori baik, dan untuk kategori stres berada pada kategori sangat rendah. kata kunci : penyesuaian diri di sekolah, stres, akselerasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Oct 2012 08:36
Last Modified: 29 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6646

Actions (login required)

View Item View Item