ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER SISTEM SFH (SCHOOL FROM HOME) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SMA N I YOGYAKARTA BERBASIS PENILAIAN AUTENTIK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Guntawan, Tryokza (2021) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER SISTEM SFH (SCHOOL FROM HOME) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SMA N I YOGYAKARTA BERBASIS PENILAIAN AUTENTIK PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_tryokza guntawan_15601241043.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kebiasaan baru (New Normal) dalam kondisi tertentu mengharuskan sekolah melaksanakan proses pembelajaran secara SFH (School From Home) terutama di jenjang SMA. Situasi tersebut mendorong penelitian ini dipandang perlu untuk merefleksikan kualitas soal penilaian akhir semester sistem SFH (School From Home) pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta berbasis penilaian autentik dimasa Pandemic Covid-19. Menggunakan metode penelitian diskriptif, secara konteks penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan data populasi Peserta Didik kelas X SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta Tahun Ajar 2019/2020,sebagai sampel penelitian sebanyak 100 Peserta Didik diambil mengunakan teknik sample random. Penelusuran data yang diperoleh dengan metode dokumentasi adalah pranala lembar jawab peserta didik, pranala kunci jawaban, dan pranala soal. Lebih dalam mengetahui kualitas butir soal dilakukan analisis ranah kognitif selanjutnya fungsi distractor, skala kesukaran dan daya pembeda diolah menggunakan program ANBUSO Versi 8.0. Diketahui hasil penelitian dari 50 butir soal penilaian akhir semester menunjukan: 1) Tingkat ranah kognitif soal cukup baik, dengan soal MOTS (Middle Order Thinking Skills)dan HOTS(Higher Order Thinking Skills)sebanyak 78%, dan hanya 22% soal termasuk kategori LOTS (Lower Order Thinking Skills). 2) Fungsi distractor soal cukup efektif, 18% kategori baik, 34% revisi pengecoh, dan hanya 48% kategori pengecoh tidak efektif. 3) Skala kesukaran soal, 76% termasuk kategori mudah dan sulit, dan katrgori sedang hanya 24%. 4) Daya pembeda soal cukup baik, dengan kategori soal baik dan cukup baik sebayak 52%, dan 48% termasuk tidak baik. Jadi dapat disimpulkan kualitas butir soal cukup baik, namun perlu ditingkatkan kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Jun 2021 08:07
Last Modified: 03 Jun 2021 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66459

Actions (login required)

View Item View Item