PENGEMBANGAN TRAINER TRAFFIC LIGHT BERBASIS PLC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XI DI SMK COKROAMINOTO PANDAK

Efvanto, Efvanto (2019) PENGEMBANGAN TRAINER TRAFFIC LIGHT BERBASIS PLC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XI DI SMK COKROAMINOTO PANDAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (25MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (25MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (25MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (25MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (25MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (25MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (25MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan trainer traffic light berbasis PLC Sebagai media pembelajaran kelas XI di SMK Cokroaminoto Pandak (2) mengetahui kelayakan dari trainer traffic light berbasis PLC sebagai media pembelajaran kelas XI di SMK Cokroaminoto Pandak ditinjau dari aspek materi, aspek media, dan pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (reseach and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari (1) Analyze, (2) Design (3) Development & Implementation, dan (4) Evaluate. Penelitian ini dilakukan di SMK Cokroaminoto Pandak dengan subjek penelitian kelas XI jurusan teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik dan guru jurusan teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta pengujian pada pengguna akhir yaitu guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan instrumen angket serta teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran trainer traffic light berbasis PLC yang terdiri dari dua komponen utama, yaitu Modul Trainer PLC dan Modul Trainer Traffic Light. (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor 82,25% dari presentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “Sangat Layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor 87,01 dari presentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “Sangat Layak”. Hasil penilaian oleh guru sebagai pengguna memperoleh skor 94,79% dari presentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “Sangat Layak”. Hasil penilaian oleh siswa sebagai pengguna memperoleh skor 84,86% dari presentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “Sangat Layak”

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, ADDIE, Trainer Traffic Light berbasis PLC
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:56
Last Modified: 31 Oct 2019 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66455

Actions (login required)

View Item View Item