Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Variasi Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK.

Baskoro, Irham and Rusgianto, H.S. (2019) Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Variasi Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (a) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika berbasis teori variasi, (b) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik, dan (c) mendeskripsikan apakah pembelajaran matematika berbasis teori variasi lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik ditinjau dari keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK Cipta Bhakti Husada. Sampel diambil secara acak sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas X KP 3 sebagai kelas eksperimen dan X KP 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran matematika berbasis teori variasi, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik. Pengumpulan data menggunakan tes, yang berisi soal keterampilan berpikir tingkat tinggi. Efektivitas pembelajaran matematika berbasis teori variasi dan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik ditinjau dari keterampilan berpikir tingkat tinggi ditentukan dengan uji t satu sampel (uji rata-rata). Perbandingan efektivitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol ditinjau dari keterampilan berpikir tingkat tinggi ditentukan dengan uji t dua sampel independen (uji rata- rata). Hasil penelitian pada taraf nyata 5% menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis teori variasi efektif ditinjau dari keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMK. Pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik juga efektif ditinjau dari keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMK. Namun jika dibandingkan, pembelajaran matematika berbasis teori variasi lebih efektif dari pada pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik ditinjau dari keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir tingkat tinggi, pendekatan matematika berbasis teori variasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:48
Last Modified: 31 Oct 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66453

Actions (login required)

View Item View Item