PENGEMBANGAN INVENTORI PEMILIHAN KARIER PADA SISWA SMA

Kusuma Wardani, Wardani (2012) PENGEMBANGAN INVENTORI PEMILIHAN KARIER PADA SISWA SMA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN INVENTORI PEMILIHAN KARIER PADA SISWA SMA Oleh Kusuma Wardani 06104241022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inventori pemilihan karier yang memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas yang dapat digunakan untuk memahami dan mengungkap kecenderungan pemilihan karier siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan inventori pemilihan karier mengacu pada langkah-langkah dasar perancangan dan penyusunan skala psikologis dari Saiffudin Azwar yang terdiri dari 10 langkah, yaitu : (1) identifikasi tujuan ukur, (2) operasionalisasi konsep, (3) penskalaan & pemilihan format stimulus,(4) penulisan item,(5) uji coba,(6) analisis item,(7) kompilasi 1 seleksi item,(8) pengujian reliabilitas,(9) validitas, dan(10) kompilasi II format final. Subjek yang digunakan adalah dua orang ahli yang berkompeten (expert judgement) dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok, Sleman, dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah inventori pemilihan karier yang telah disusun dan angket penilaian inventori pemilihan karier untuk ahli dan siswa. Teknik analisis data untuk validitas isi adalah penilaian profesional (expert jugdement), menghitung validitas item digunakan teknik korelasi item-total Product Moment Pearson, dan untuk menghitung koefisien reliabilitas menggunakan teknik analisis Alfa Cronbach, sedangkan data kualitatif hasil penilaian ahli dan 36 siswa SMA berupa saran, kritik, dan tanggapan dideskripsikan sesuai data yang ada. Hasil review item oleh ahli terdapat beberapa masukan sehingga inventori pemilihan karier pada siswa SMA dinyatakan telah memenuhi validitas isi. Uji coba tahap I (uji coba kelompok kecil) pada 36 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok, Sleman menunjukkan bahwa setiap item mudah dipahami dan hasil uji statistik menunjukkan dari 120 item terdapat 34 item yang dinyatakan gugur yang memiliki korelasi item total <0,20 dengan koefisien reliabilitas 0,88 namun ada 19 item yang direvisi untuk dimasukkan kembali dalam inventori pemilihan karier. Uji coba tahap II (uji coba kelompok besar) dilakukan kepada 173 orang siswa. Dari 105 item terdapat 11 item yang dinyatakan gugur yang memiliki korelasi item total <0,20 dengan koefisien reliabilitas 0,94. Format final inventori pemilihan karier pada siswa SMA ini terdiri dari 94 item pernyataan. Dengan demikian inventori pemilihan karier pada siswa SMA ini dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak digunakan sebagai instrumen. Inventori pemilihan karier pada siswa SMA ini juga dilengkapi dengan buku pedoman petunjuk pelaksanaannya. Kata kunci: inventori, pemilihan karier, siswa SMA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Oct 2012 08:36
Last Modified: 29 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6645

Actions (login required)

View Item View Item