UPAYA PENINGKATAN KONSEP DIRI AKADEMIK MELALUI DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS X-H SMAN 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Iwan Apriyana Yusup, Yusup (2012) UPAYA PENINGKATAN KONSEP DIRI AKADEMIK MELALUI DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS X-H SMAN 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (66MB) | Preview

Abstract

UPAYA PENINGKATAN KONSEP DIRI AKADEMIK MELALUI DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS X-H SMAN 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 Oleh: Iwan Apriyana Yusup 05104244072 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan konsep diri akademik melalui diskusi kelompok pada siswa kelas X-H SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan subyek penelitian siswa kelas X-H SMA Negeri 11 Yogyakarta yang berjumlah delapan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan skala konsep diri akademik, pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskusi kelompok meningkatkan konsep diri akademik siswa. Nilai rerata pre-test mencapai 84,9 dan post-test I nilai rerata naik menjadi 122,8. Berdasarkan hasil post-test I terdapat empat subyek dalam kategori sedang, sehingga perlu dilaksanakan siklus ke dua untuk meningkatkan konsep diri akademik. Siklus II, terdapat peningkatan 11,5 poin dari post-test I menjadi 134,3. Hasil observasi dan wawancara terdapat peningkatan dan perbedaan konsep diri akademik antara sebelum dan sesudah tindakan. Diskusi kelompok dilaksanakan dalam lima kali tindakan pada siklus I dan empat kali tindakan pada siklus II. Dalam proses diskusi kelompok siswa dapat berinteraksi, bertukar pikiran, berpersepsi tentang materi diskusi, siswa mendapatkan alternatif pemecahan permasalahan, sehingga dengan proses diskusi ini kepercayaan diri, penerimaan diri dan penghargaan diri siswa akan meningkat. Perubahan tersebut didukung pula dengan peningkatan skor konsep diri akademik. Berdasarkan uraian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan diskusi kelompok dapat meningkatkan konsep diri akademik siswa kelas X-H SMA Negeri 11 Yogyakarta. Kata Kunci : konsep diri akademik, diskusi kelompok, siswa SMA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Oct 2012 08:36
Last Modified: 29 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6644

Actions (login required)

View Item View Item