Ramadhan, Muhammad Syahrul (2019) PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM (SKT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII TOI DI SMKN 2 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (970kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (915kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mencari hubungan antara LKPD berbasis POE terhadap kemampuan berpikir kritis.; 2) Mengetahui pengaruh LKPD berbasis POE terhadap kemampuan berpikir kritis.; dan 3) Meningkatkannya kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui LKPD berbasis POE. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Peserta didik diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik awal. Selanjutnya dilaksanakan pembelajaran selama proses belajar menggunakan LKPD berbasis POE. Kemudian setelah proses belajar selesai, peserta didik diberikan posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis akhir. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII TOI B semester ganjil tahun akademik 2019/2020 sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar angket keefektifan LKPD dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh LKPD berbasis POE terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII TOI B pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram di SMKN 2 Depok, Yogyakarta. Berdasarkan analisis korelasi uji regresi linear didapat nilai korelasi (R) = 0,650 yang menunjukan tingkat korelasi termasuk kedalam kategori korelasi kuat dengan presentase sebesar 42,3%. Persamaan Regresi didapat nilai b = 0,354 bernilai positif maka hubungan LKPD berbasis POE dan kemampuan berpikir kritis adalah hubungan positif. Pengambilan keputusan berdasarkan nilai signifikansi < nilai probabilitas (0,000<0,05) maka LKPD berbasis POE dengan PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Implementasi terhadap kemampuan berpikir kritis didapat dari pretest-posttes. Hasil pretest menunjukan kemampuan berpikir kritis peserta didik termasuk kedalam kategori Cukup dengan nilai rata-rata 1,856. Sedangkan pada hasil posttes menunjukan kemampuan berpikir kritis peserta didik termasuk kedalam kategori Baik dengan nilai rata-rata 3,28.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, POE, Berpikir kritis |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 08:45 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 08:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66438 |
Actions (login required)
View Item |