PENGARUH SEATED DUMBBELL TOE RAISE DAN DUMBBEL SEATED CALF RAISE TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI DAN JAUHNYA LONG PASS PADA PEMAIN SSB INDONESIA MUDA KEBUMEN U-15 TAHUN

Cahyanto, Raka (2019) PENGARUH SEATED DUMBBELL TOE RAISE DAN DUMBBEL SEATED CALF RAISE TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI DAN JAUHNYA LONG PASS PADA PEMAIN SSB INDONESIA MUDA KEBUMEN U-15 TAHUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAKA PKO 2016.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh seated dumbbell toe raise dan dumbbell seated calf raise terhadap peningkatan power tungkai dan jauhnya long pass pada pemain SSB Indonesia Muda Kebumen U-15 Tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “two groups pre-test-post-test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain SSB Indonesia Muda Kebumen berjumlah 47 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria daftar hadir latihan minimal 75% (keaktifan mengikuti latihan pada saat treatment), pemain terdaftar di SSB Indonesia Muda Kebumen yang masih aktif latihan, U-15 tahun, tidak dalam keadaan sakit. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 16 pemain. Instrumen untuk mengukur power tungkai yaitu vertical jump dan jauhnya long pass diukur menggunakan tes kemampuan tendangan lambung. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan seated dumbbell toe raise terhadap peningkatan power tungkai. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan seated dumbbell toe raise terhadap peningkatan jauhnya long pass. (3) Ada pengaruh yang signifikan latihan dumbble seated calf raise terhadap peningkatan power tungkai. (4) Ada pengaruh yang signifikan latihan dumbble seated calf raise terhadap peningkatan jauhnya long pass. (5) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara seated dumbbell toe raise dan dumbbell seated calf raise terhadap peningkatan power tungkai. (6) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara seated dumbbell toe raise dan dumbbell seated calf raise terhadap peningkatan jauhnya long pass.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: seated dumbbell toe raise, dumbbell seated calf raise, power tungkai, jauhnya long pass
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:34
Last Modified: 30 Oct 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66432

Actions (login required)

View Item View Item