PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GUIDED NOTE TAKING (GNT) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK KELAS X SMK NEGERI 1 PLERET

Setyawan, Mohammad Fariz (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GUIDED NOTE TAKING (GNT) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK KELAS X SMK NEGERI 1 PLERET. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Guided Note Taking (GNT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Gambar Teknik Listrik Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pleret; 2) mengetahui model pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Listrik Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Pleret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMK N 1 Pleret, yang terdiri dari kelas X TITL B sebagai kelas model GNT dengan jumlah siswa 30 dan kelas TITL C sebagai kelas model STAD sejumlah 30 siswa. Uji validitas dan reliabilitas instrument dengan bantuan expert judgement dan program ITEMAN. Analisis butir soal untuk menghitung tingkat kesukaran dan daya pembeda menggunakan bantuan program ITEMAN. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Teknik analisis data menggunakan uji-t (Independent Sample T-Test) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan program spss versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Guided Note Taking (GNT) dan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Gambar Teknik Listrik kelas X TITL di SMK N Pleret dengan perolehan rata-rata skor gain kelas model GNT sebesar 19,67 dan skor gain kelas model STAD sebesar 26,33 dibuktikan dari hasil perhitungan Independent Sample T-Test yang menghasilkan nilai signifikansi Sig (2-tailed) sebesar 0,004 yang lebih kecil dari 0,05 dengan taraf signifikan 5%; (2) Hasil belajar siswa mata pelajaran Gambar Teknik Listrik yang menggunakan model STAD lebih baik daripada siswa yang menggunakan model GNT, dibuktikan dari nilai rerata skor gain model STAD lebih besar dari model GNT.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model GNT, model STAD, gambar teknik listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:22
Last Modified: 30 Oct 2019 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66429

Actions (login required)

View Item View Item