Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta.

Rifai, Rifai and Aman, Aman (2019) Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran dari pengimplementasian program pendidikan karakter di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta; (2) mengetahui karakter yang dominan dalam diri mahasiswa di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan dukungan data kualitatif. Model evaluasi yang dipakai yaitu model evaluasi goal free. Populasi dalam penelitian evaluasi ini adalah 203 mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah yang telah mengambil mata kuliah pendidikan karakter, ketua jurusan, 2 dosen, dan 1 asisten dosen. Fokus penelitian evaluasi ini yaitu pada implementasi program pendidikan karakter di perguruan tinggi yang mencakup (1) pengintegrasian pendidikan karakter pada perkuliahan di Jurusan Pendidikan Sejarah; dan (2) pengembangan kultur pendidikan karakter di fakultas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dari hasil angket menggunakan rumus distribusi frekuensi tingkatan dan analisis persentase. Untuk data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi menggunakan model analisis kualitatif yang menggunakan langkah reduksi data, display data, menafsirkan data, verifikasi, meningkatkan keabsahan data, dan narasi hasil analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa program pendidikan karakter di Jurusan Pendidikan Sejarah masih dilaksanakan dan berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari proses pelaksanaannya yang sudah sesuai dengan pedoman implementasi pendidikan karakter di perguruan tinggi. Dua fokus utama dalam implementasi ini yaitu: pertama yaitu dalam pengintegrasian pendidikan karakter pada perkuliahan sudah dilaksanakan dengan baik dan yang kedua yaitu pengembangan kultur universitas sudah terlaksana dengan baik. Selanjutnya hasil analisis dari angket menemukan lima karakter yang dominan pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah yaitu: (1) religius dengan nilai sebesar 92%; (2) semangat kebangsaan dengan nilai sebasar 62,41%; (3) peduli sosial dengan nilai sebesar 56%; (4) toleransi dengan nilai sebesar 47%; dan (5) bersahabat dengan nilai sebesar 47%. Dalam menetapkan kelima karakter tersebut juga dibantu dengan data dari analisis kualitatif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran dari pengimplementasian program pendidikan karakter di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta; (2) mengetahui karakter yang dominan dalam diri mahasiswa di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan dukungan data kualitatif. Model evaluasi yang dipakai yaitu model evaluasi goal free. Populasi dalam penelitian evaluasi ini adalah 203 mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah yang telah mengambil mata kuliah pendidikan karakter, ketua jurusan, 2 dosen, dan 1 asisten dosen. Fokus penelitian evaluasi ini yaitu pada implementasi program pendidikan karakter di perguruan tinggi yang mencakup (1) pengintegrasian pendidikan karakter pada perkuliahan di Jurusan Pendidikan Sejarah; dan (2) pengembangan kultur pendidikan karakter di fakultas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dari hasil angket menggunakan rumus distribusi frekuensi tingkatan dan analisis persentase. Untuk data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi menggunakan model analisis kualitatif yang menggunakan langkah reduksi data, display data, menafsirkan data, verifikasi, meningkatkan keabsahan data, dan narasi hasil analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa program pendidikan karakter di Jurusan Pendidikan Sejarah masih dilaksanakan dan berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari proses pelaksanaannya yang sudah sesuai dengan pedoman implementasi pendidikan karakter di perguruan tinggi. Dua fokus utama dalam implementasi ini yaitu: pertama yaitu dalam pengintegrasian pendidikan karakter pada perkuliahan sudah dilaksanakan dengan baik dan yang kedua yaitu pengembangan kultur universitas sudah terlaksana dengan baik. Selanjutnya hasil analisis dari angket menemukan lima karakter yang dominan pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah yaitu: (1) religius dengan nilai sebesar 92%; (2) semangat kebangsaan dengan nilai sebasar 62,41%; (3) peduli sosial dengan nilai sebesar 56%; (4) toleransi dengan nilai sebesar 47%; dan (5) bersahabat dengan nilai sebesar 47%. Dalam menetapkan kelima karakter tersebut juga dibantu dengan data dari analisis kualitatif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:14
Last Modified: 26 Oct 2021 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66426

Actions (login required)

View Item View Item