Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA/MA di Kabupaten Lombok Timur.

Sabri, Muhammad and Jaelani, Jaelani (2019) Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA/MA di Kabupaten Lombok Timur. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMA/MA berdasarkan strata sekolah dan kesenjangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMA/MA di kabupaten Lombok Timur berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei pada 6 sekolah di kabupaten Lombok Timur yang dijadikan sampel penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA/MA di kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan data Kemendikbud jumlah peserta didik SMA/MA DI Lombok Timur pelajaran 2018/2019 sebanyak 58.254 orang sehingga jumlah sampel yang representatif sebanyak 388 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling (teknik sampling bertingkat). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes matematika yang disusun untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis kepada peserta didik yang dijadikan sampel penelitian. Instrumen tes terdiri dari 24 butir soal matematika dengan materi trigonometri yang berbentuk tes jawab singkat. Data yang didapatkan dianalisis dengan statistik deskriptif melalui dua cara yaitu estimasi titik dan estimasi interval untuk melihat kriteria kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada populasi dari data sampel yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMA/MA di kabupaten Lombok Timur secara umum berkemampuan kurang. begitu pula jika dilihat berdasarkan strata sekolah ataupun jenis kelamin peserta didik. Jika dilihat dari masing-masing aspek, kemampuan peserta didik pada aspek (1) menyampaikan ide dengan cara menulis, dan menggambar, aspek (3) menganalisis dan mengevaluasi pemikiran dan strategi matematika orang lain, dan aspek (4) menggunakan ide-ide matematika untuk membuat dugaan dan membuat argumen yang meyakinkan tergolong kurang. Kemudian pada aspek (2) menghubungkan permasalahan sehari-hari dengan bahasa matematika yang menggunakan simbol-simbol masih rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Strata Sekolah, Gender
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:07
Last Modified: 26 Oct 2021 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66425

Actions (login required)

View Item View Item