Keberfungsian Butir Diferensial (DIF) Perangkat Tes Persiapan Ujian Nasional Ekonomi Akuntansi SMA Negeri Di Kota Yogyakarta.

Pamungkas, Asep Yogi and Jaedun, Amat (2019) Keberfungsian Butir Diferensial (DIF) Perangkat Tes Persiapan Ujian Nasional Ekonomi Akuntansi SMA Negeri Di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik soal ditinjau dari bias tes berdasatkan kriteria model rasch, 2) butir-butir perangkat tes yang memuat DIF berdasarkan jenis kelamin, 3) penyebab terjadinya DIF pada perangkat tes persiapan ujian nasional ekonomi akuntansi SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Analisis butir pada penelitian ini didasarkan pada respons siswa peserta Ujian Nasional mata pelajaran Ekonomi Akuntansi SMA Negeri di Kota Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang tersebar dalam 10 sekolah dengan keseluruhan peserta berjumlah 280 siswa. Sumber data berupa lembar jawaban komputer siswa yang diambil dengan teknik purposive cluster random sampling sebesar 162 siswa yang terdiri atas 81 siswa kelompok laki-laki dan 81 siswa kelompok perempuan. Metode DIF yang digunakan pada penelitian ini adalah model Rasch yang berbantu program Winstep. Hasil analisis deskriptif pada penelitian ini menggunakan kriteria telaah butir soal menunjukkan bahwa dari 40 butir soal pilihan ganda yang dianalisis terdapat 40 butir (100%) berkualitas baik dengan rata-rata indeks Aiken pada 0,86. Tingkat kesukaran pada penelitian ini adalah sedang dengan raihan logit tertinggi 0,55 logit dan terendah pada -1,02 logit. Berdasarkan teori respons butir, terdapat 40 butir (100%) berkualitas baik dengan paparan nilai fungsi informasi 27,981564 dan kesalahan baku estimasi sebesar 0,1890. Analisis pendeteksian DIF dengan Rasch model menemukan adanya 1 butir yang terdeteksi mengandung DIF, yaitu pada butir nomor 8 yang lebih menguntungkan siswa laki-laki dengan paparan -0,65 dan perempuan pada 0,1. Penyebab dari adanya DIF ini memerlukan penelitian lebih lanjut dan mendalam terkait masih banyaknya faktor penyebab.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tes persiapan ujian nasional, ekonomi, akuntansi, dif, rasch.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Oct 2019 07:32
Last Modified: 26 Oct 2021 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66423

Actions (login required)

View Item View Item