PENGARUH LATIHAN INTERVAL SPRINT DRILL DAN SINGLE LEG SPEED HOP TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN AKSELERASI PEMAIN SEPAKBOLA

Fardanu, Yunan (2019) PENGARUH LATIHAN INTERVAL SPRINT DRILL DAN SINGLE LEG SPEED HOP TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN AKSELERASI PEMAIN SEPAKBOLA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan latihan interval sprint drill terhadap peningkatan kecepatan akselerasi lari, pengaruh penerapan latihan single leg speed hops terhadap peningkatan kecepatan akselerasi lari, dan efektifitas penerapan menggunakan latihan Interval sprint drill dengan latihan Single leg speed hop terhadap peningkatan kecepatan akselerasi lari pemain sepakbola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Two Groups Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain di Academy FC UNY yang berjumlah 50 pemain. Pengambilan sample dallam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria (1) pemain yang masih aktif mengikuti latihan, (2) berusia 16 tahun, (3) tidak dalam keadaan sakit, (4) kehadiran pada saat treatment minimal 75%, (5) sanggup mengikuti seluruh program latihan yang telah disusun. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan terdapat 18 pemain yang memenuhi kriteria. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes 20 meter dash sprint dengan validitas sebesar 0,897 dan reliabilitas 0,998. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan interval sprint drill terhadap peningkatan kecepatan akselerasi atlet sepakbola. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan single leg speed hop terhadap peningkatan kecepatan akselerasi pemain Sepakbola. (3) Latihan single leg speed hop mempunyai peningkatan lebih baik dibandingakn latihan interval sprint drill.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecepatan akselerasi, latihan interval sprint drill, single leg speed hop
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:13
Last Modified: 30 Oct 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66422

Actions (login required)

View Item View Item