Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Materi Statistika pada Siswa SMA Kelas XII di Kota Baubau dengan Menggunakan Model DINA.

Ali, Ali and Jailani, Jailani (2019) Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Materi Statistika pada Siswa SMA Kelas XII di Kota Baubau dengan Menggunakan Model DINA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami siswa dalam menjawab soal materi statistika, (2) besarnya persentase kesulitan-kesulitan belajar yang dilakukan siswa dalam menjawab soal materi statistika, (3) karakteristik butir soal tes diagnostik materi statistika yang digunakan dalam penelitian, dan (4) hasil diagnosis kesulitan siswa dalam menjawab soal materi statistika berdasarkan model DINA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Kelas XII di kota Baubau, dan sebanyak 600 siswa diambil sebagai populasi penelitian. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda materi statistika. Instrumen penelitian divalidasi berdasarkan pertimbangan dari expert judgement. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan program R packages CDM (Cognitive Diagnostic Modeling) model DINA, program Bilog-MG, program ITEMAN dan program SPSS. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat 5 jenis kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu kesulitan memahami fakta, kesulitan memahami konsep, kesulitan menerapkan keterampilan atau prosedural, kesulitan menguasai prinsip dan kesulitan menganalisis dengan kemampuan penyelidikan dan pemecahan masalah. (2) Berdasarkan respon jawaban siswa diperoleh persentase kesulitan memahami fakta sebesar 37,36%, kesulitan memahami konsep sebesar 34,97%, kesulitan menerapkan keterampilan atau prosedural sebesar 39,31%, kesulitan menguasai prinsip sebesar 45,30% dan kesulitan menganalisis dengan kemampuan penyelidikan dan pemecahan masalah sebesar 46,26%. (3) Berdasarkan formula Lawshe diperoleh 37 butir valid dan 3 butir tidak valid serta nilai CVI sebesar 0,419 yang berarti instrumen tes valid untuk digunakan, koefisien reliabilitas tes Cornbach Alpha sebesar 0,783 yang artinya tes andal digunakan untuk mengukur kemampuan matematika dan hasil analisis teori respon butir, model yang paling cocok adalah model 2-PL. Berdasarkan kurva fungsi informasi dan kesalahan pengukuran diperoleh instrumen tes paling sesuai digunakan pada siswa dengan kemampuan pada rentang -0,9 sampai +1,7 (4) Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan model DINA, kesulitan yang dialami siswa jika dilihat dari tingkat kesulitan atribut dan persentase kelas laten yang dominan tidak dikuasai siswa terletak pada submateri histogram/diagram batang pada atribut (A16) kemampuan membaca data dalam bentuk grafik histogram/diagram batang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: diagnosis kesulitan belajar, model DINA, atribut
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:50
Last Modified: 26 Oct 2021 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66418

Actions (login required)

View Item View Item