Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS melalui penggunaan Metode Pembelajaran Small Group Discussion (SGD) Berbasis Handout Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Gamping Sleman

Wardhani, Novia Kusuma and Kartowagiran, Badrun (2019) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS melalui penggunaan Metode Pembelajaran Small Group Discussion (SGD) Berbasis Handout Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Gamping Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII C di SMP Negeri 4 Gamping masih rendah. Hal tersebut ditunjukkan dari kurang antusiasme peserta didik dalam pembelajaran IPS sehingga menyebabkan nilai peserta didik yang jauh dari KKM. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya perbaikan dalam pembelajaran IPS yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran Small Group Discussion (SGD) berbasis handout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII C SMP Negeri 4 Gamping Sleman menggunakan metode pembelajaran SGD berbasis handout. Penelitian ini adalah penelitian CAR (Classroom Action Research) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 4 Gamping Sleman sebayak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji validitas menggunakan expert Judment dan analisis faktor. Penelitian ini menggunakan analisis deskripif dan pengolahaan menggunakan SPSS 16 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, terdapat peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII C di SMP Negeri 4 Gamping Sleman menggunakan metode pembelajaran SGD berbasis handout. Nilai rata-rata Motivasi belajar peserta didik pada siklus I dikategorikan sedang. Siklus II rata-rata motivasi belajar peserta didik dikategorikan tinggi. Terlihat ada peningkatan rata-rata motivasi belajar yang menandakan peningkatan motivasi peserta didik kelas VIII C. Pada siklus ketiga nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik dikategori tinggi. Penggunaan metode pembelajaran SGD berbasis handout dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata tes yang terjadi pada setiap siklusnya. jumlah peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 31 peserta didik dan belum ada peserta didik yang tuntas. Setelah dilaksanakan posttest pada siklus I, peserta didik yang tuntas sebanyak 2 orang dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 29 orang. Pada siklus II, sebanyak 17 peserta didik tuntas dan masih ada 14 peserta didik yang belum tuntas. Hasil pembelajaran pada siklus ke III 29 peserta didik telah tuntas dan hanya 2 peserta didik saja yang belum tuntas. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran SGD berbasis handout dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII C SMP Negeri 4 Gamping Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Hasil Belajar IPS, Metode Pembelajaran Small Group Discussion (SGD) berbasis Handout.
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Oct 2019 08:06
Last Modified: 29 Oct 2019 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66411

Actions (login required)

View Item View Item