Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia Terintegrasi dalam Pembelajaran Hibrid pada Materi Termokimia.

Wijayanti, Renny and Sugiyarto, Sugiyarto (2019) Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia Terintegrasi dalam Pembelajaran Hibrid pada Materi Termokimia. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis (1) karakteristik laboratorium virtual kimia terintegrasi dalam pembelajaran hibrid pada materi termokimia untuk siswa kelas XI SMA; (2) pengaruh penggunaan media laboratorium virtual kimia terintegrasi dalam pembelajaran hibrid pada materi termokimia terhadap prestasi belajar dan kemandirian belajar siswa; dan (3) kualitas laboratorium virtual kimia terintegrasi dalam pembelajaran hibrid pada materi termokimia ditinjau dari penilaian guru kimia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain ADDIE. Desain penelitian dan pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Developmet, Implementation, dan Evaluation. Produk yang telah dihasilkan kemudian diujicobakan menggunakan tiga kelas penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster-random-sampling. Kelas Eksperimen 1 (E-1) melakukan kegiatan praktikum kimia di laboratorium nyata dan menggunakan laboratorium virtual kimia. Kelas Eksperimen 2 (E-2) melakukan kegiatan praktikum kimia menggunakan laboratorium virtual kimia saja. Sedangkan kelas Kontrol (K) melakukan kegiatan praktikum kimia di laboratorium nyata saja. Instrumen yang digunakan adalah soal prestasi belajar kimia dan angket kemandirian belajar siswa yang telah divalidasi secara empiris serta diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis menggunakan teknik Manova untuk melihat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelas penelitian. Kualitas media ditinjau dari tiga aspek utama, yakni materi, pembelajaran, dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) karakteristik media yang dihasilkan adalah media berbasis web dan dapat dioperasikan melalui laptop, komputer, tablet, maupun smartphone. Menu utama dalam media ini adalah Petunjuk, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Praktikum Virtual, dan Laporan Praktikum. (2) Tedapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelas penelitian dilihat dari prestasi belajar dan kemandirian belajar siswa. (3) Media yang telah dikembangkan memiliki kualitas dengan kategori baik ditinjau dari aspek materi, pembelajaran, dan teknik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: laboratorium virtual kimia, pembelajaran hibrid, prestasi belajar kimia, kemandirian belajar siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Oct 2019 04:39
Last Modified: 29 Oct 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66407

Actions (login required)

View Item View Item