PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 WONOSARI

Huda, Nurul (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik untuk kelas XI kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik, (2) mengetahui tingkat kelayakan dari multimedia yang dikembangkan untuk mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik kelas XI di SMKN 2 Wonosari, (3) mengetahui respon penilaian siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik kelas XI program keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik. Penelitian yang digunakan penulis merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan ADDIE oleh Willian W. Lee dan Diana L Owens yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Tahap pengujian kelayakan dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi. Pengujian aplikasi multimedia pembelajaran interaktif dilakukan pada kelas XI TITL SMK N 2 Wonosari yang melibatkan 32 siswa kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran instalasi tenaga listrik yang terdiri dari tujuh komponen utama, yaitu KI/KD, materi, simulasi, evaluasi, referensi, profil dan petunjuk penggunaan, (2) hasil penilaian kelayakan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran instalasi listrik oleh ahli media mendapatkan rerata skor 89 dari skor maksimal 100 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 86 dari skor maksimal 104 dengan kategori “Sangat Layak”, (3) respon penilaian siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif berdasarkan aspek desain pembelajaran, tampilan/komunikasi visual dan rekayasa perangkat lunak/program mendapat rerata skor 105,7 dari skor maksimal 120 dengan kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia pembelajaran interaktif, instalasi tenaga listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Oct 2019 02:56
Last Modified: 29 Oct 2019 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66405

Actions (login required)

View Item View Item