PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 NGAWEN

Utama, Kiki Okta Dwi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 NGAWEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di SMK N 1 Ngawen. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Project Based Learning terhadap keaktifan belajar dalam mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di SMK N 1 Ngawen. Pada penelitian ini merupakan quasi eksperiment atau penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest Control Group Design.. Kelompok terbagi menjadi dua yaitu kelompok eksperimen yang di terapkan model pembelajaran project based learning dan kelompok kontrol yang di terapkan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah sebagai pembanding. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes. Uji analisis untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa menggunakan uji analisis independent sample T-test dan analisis deskriptif untuk menggambarkan data hasil belajar dan keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukan hasil uji independent sample t-test pada hasil belajar akhir atau post-test diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,964 > 1,670 . maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikansi hasil post-test 0.004 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.hal ini berarti menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Lalu hasil uji independent sample t-test pada keaktifan siswa pertemuan kedua diperoleh hasil bahwa t hitung > t tabel yaitu 5,543 > 1,670 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikansi t 0.00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima., Hal ini berarti menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keaktifan siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Ngawen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model project based learning , hasil belajar, keaktifan belajar siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:29
Last Modified: 25 Oct 2019 06:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66384

Actions (login required)

View Item View Item