PENGARUH PAPARAN BUNYI BURUNG CENDET (Lanius Cristatus) TERMANIPULASI RANGE PEAK FREQUENCY 3000 – 4000 Hz TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN PADI (Oryza sativa)

Wahyu, Kurniawan and Nurkadarisman, Nurkadarisman (2019) PENGARUH PAPARAN BUNYI BURUNG CENDET (Lanius Cristatus) TERMANIPULASI RANGE PEAK FREQUENCY 3000 – 4000 Hz TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN PADI (Oryza sativa). S1 thesis, FMIPA, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12. Skripsi pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber bunyi Burung Cendet termanipulasi pada range peak frekuensi 3000-4000 Hz terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman padi (Oryza Sativa). Sumber bunyi yang digunakan pada penilitian ini adalah bunyi burung cendet dengan frekuensi yang telah dipilih dengan range peak frekuensi 3000-4000 Hz dan dipaparkan menggunakan Audio Bio Harmonik (ABH) pada lahan dengan luas 160 m2 dengan jumlah rumpun sebanyak 3200 rumpun. Pemaparan dilakukan selama 1 jam setiap hari dimulai dari umur 30 hingga mendekati panen. Jenis padi yang digunakan dalam penelitian adalah jenis padi varietas IR 64. Data yang diambil pada penelitian ini meliputi pertumbuhan, taraf intensitas bunyi dan produktivitas tanaman padi. Parameter yang digunakan pada pertumbuhan padi yaitu tinggi dan jumlah anakan tanaman padi sedangkan parameter untuk produktivitas tanaman padi yaitu taraf intensitas bunyi dan massa kotor hasil panen tanaman padi. Data yang dihasilkan dari pertumbuhan dan produktivitas tanaman padi dianalisis menggunakan program Microsoft Excel dan Origin. Hasil penelitian menunjukkan tinggi rata-rata tanaman padi akhir pengukuran pada kelompok tanaman kontrol dan perlakuan berturut-turut yaitu sebesar 113.5±3.7 cm dan 103.4±5.0cm. Jumlah anakan padi tanaman kontrol dan perlakuan pada akhir pengukuran adalah 20±3 dan 19±4 anakan. Produktivitas tanaman perlakuan lebih rendah dari tanaman kontrol dilihat dari hasil panen untuk tanaman kontrol dan perlakuan berturut-turut adalah 112.67 kg dan 106.05 kg. Tanaman perlakuan dipanen lebih awal karena pengaruh hama tanaman, sehingga produktivitas tidak bagus dibandingkan dengan tanaman kontrol. Intensitas bunyi tidak mempengaruhi produktivitas tanaman padi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: frekuensi bunyi burung cendet, pertumbuhan tanaman, produktivitas tanaman
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:07
Last Modified: 01 Nov 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66383

Actions (login required)

View Item View Item