Pengembangan Model Evaluasi dan Analisis Critical Success Factor E-Learning Pelatihan Vokasional.

Rijal, Bait Syaiful and Wardani, Ratna (2019) Pengembangan Model Evaluasi dan Analisis Critical Success Factor E-Learning Pelatihan Vokasional. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan evaluasi e-learning pelatihan vokasional diperlukan untuk perbaikan mutu layanan akademik. Penelitian ini bertujuan: menganalisis critical success factor dalam penggunaan e-learning pada pelatihan vokasional, mengembangkan model evaluasi critical success factor yang dapat menjadi evaluasi serta rekomendasi penggunaan e-learning pada pelatihan vokasional, dan mengimplementasikan model evaluasi e-learning pada pelatihan vokasional. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Presmann yakni Prototipe. Desain pengembangan dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan yang meliputi: (a) studi pendahuluan, (b) studi pengembangan dan (c) evaluasi. Subjek uji coba ahli sebanyak 13 orang terdiri dari akademisi, IT expert, trainer, dan stakeholder dalam pelatihan vokasional. Subjek uji model sebanyak 20 dalah peserta diklat yang mengikuti pelatihan kompetensi ganda di PPPPTK Bidang Otomotif dan Elektronika Malang. Hasil analisis critical success factor dihasilkan dua kategori dan 13 faktor. Proses pembobotan faktor dilakukan dengan mengumpulkan penilaian dari para responden ahli terhadap semua factor. Hasil pembobotan didapatkan bahwa factor learning objectives dan review of competency levels merupakan faktor yang paling dominan dari masing-masing kategori. Proses pengembangan model evaluasi mengacu pada hasil critical success factor yang didapatkan dari analisis dengan menambahkan unsur respon dari peserta diklat sebagai pengguna. Model yang dikembangkan dalam bentuk sebuah aplikasi berbasis web dan telah diimplementasikan dalam proses evaluasi e-learning. Hasil dari implementasi aplikasi diuji berdasarkan aspek functionality diperoleh nilai 99.3% atau sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: critical success factor, pelatihan vokasional, e-learning, model evaluasi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:26
Last Modified: 06 Mar 2023 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66380

Actions (login required)

View Item View Item