Triatmaja, Adhy Kurnia and Khairudin, Moh (2019) Pengembangan Virtual Laboratorium Teknik Digital untuk Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) unjuk kerja laboratorium virtual teknik digital oleh guru dan peserta didik di SMK; 2) tingkat kelayakan virtual laboratorium teknik digital sebagai media pembelajaran di SMK; 3) dampak pembelajaran teknik digital dengan virtual laboratorium di SMK. Penelitian ini dikembangkan dengan model waterfall dan ASSURE. Hasil penelitian ini berupa aplikasi virtual laboratorium teknik digital dengan menggunakan teknologi virtual reality yang telah divalidasi oleh ahli media dan materi. Hasil validitas instrumen diperoleh nilai 0,75 dengan rumus Aiken-V dan hasil reliabilitas dihitung dengan Kohen Kappa dengan hasil 0,58 dan 0,95 dengan rumus Alpha Cronbach. Data penelitian dikumpulkan melalui angket unjuk kerja, angket kelayakan, soal pretest dan soal posttest. Subyek Penelitian ini adalah guru sejumlah 7 orang dan peserta didik sebanyak 76 di SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 2 Depok, dan SMK N 2 Wonogiri. Hasil penelitian dapat diketahui unjuk kerja virtual laboratorium dinyatakan layak secara fungsional berdasarkan aspek perangkat keras dan perangkat lunak; kelayakan virtual laboratorium teknik digital dinyatakan “sangat layak” yang mencakup empat aspek kelayakan yaitu: aspek konsisten, aspek interaktif, aspek realtime, dan aspek visual; dan pembelajaran dengan virtual laboratorium teknik digital diketahui dapat meningkatkan pembelajaran secara signifikan berdasarkan uji dengan nilai signifikan 0,01 pada masing-masing sekolah dan nilai significant 0,51 untuk antar.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | virtual laboratorium, teknik digital, virtual reality |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 04:20 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 04:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |