Pengembangan Virtual Laboratorium Teknik Digital untuk Sekolah Menengah Kejuruan.

Triatmaja, Adhy Kurnia and Khairudin, Moh (2019) Pengembangan Virtual Laboratorium Teknik Digital untuk Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) unjuk kerja laboratorium virtual teknik digital oleh guru dan peserta didik di SMK; 2) tingkat kelayakan virtual laboratorium teknik digital sebagai media pembelajaran di SMK; 3) dampak pembelajaran teknik digital dengan virtual laboratorium di SMK. Penelitian ini dikembangkan dengan model waterfall dan ASSURE. Hasil penelitian ini berupa aplikasi virtual laboratorium teknik digital dengan menggunakan teknologi virtual reality yang telah divalidasi oleh ahli media dan materi. Hasil validitas instrumen diperoleh nilai 0,75 dengan rumus Aiken-V dan hasil reliabilitas dihitung dengan Kohen Kappa dengan hasil 0,58 dan 0,95 dengan rumus Alpha Cronbach. Data penelitian dikumpulkan melalui angket unjuk kerja, angket kelayakan, soal pretest dan soal posttest. Subyek Penelitian ini adalah guru sejumlah 7 orang dan peserta didik sebanyak 76 di SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 2 Depok, dan SMK N 2 Wonogiri. Hasil penelitian dapat diketahui unjuk kerja virtual laboratorium dinyatakan layak secara fungsional berdasarkan aspek perangkat keras dan perangkat lunak; kelayakan virtual laboratorium teknik digital dinyatakan “sangat layak” yang mencakup empat aspek kelayakan yaitu: aspek konsisten, aspek interaktif, aspek realtime, dan aspek visual; dan pembelajaran dengan virtual laboratorium teknik digital diketahui dapat meningkatkan pembelajaran secara signifikan berdasarkan uji dengan nilai signifikan 0,01 pada masing-masing sekolah dan nilai significant 0,51 untuk antar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: virtual laboratorium, teknik digital, virtual reality
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:20
Last Modified: 25 Oct 2019 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66379

Actions (login required)

View Item View Item