Motif Iluminasi Naskah Jawa untuk Pembelajaran Seni Rupa Materi Ragam Hias melalui Aplikasi Android di SMP.

Maulana, Kholif Luqman and Retnowati, Trie Hartiti (2019) Motif Iluminasi Naskah Jawa untuk Pembelajaran Seni Rupa Materi Ragam Hias melalui Aplikasi Android di SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi bentuk dan makna motif iluminasi naskah Jawa sebagai simbol kepemimpinan dari koleksi Museum Sonobudoyo Yogyakarta, (2) merekonstruksi motif iluminasi naskah Jawa sebagai media pembelajaran ragam hias berbasis android untuk siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, (3) mendeskripsikan hasil pembelajaran ragam hias berbasis motif iluminasi naskah Jawa melalui aplikasi android di kelas VII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan research and development. Penelitian kualitatif menjabarkan makna simbolik dan bentuk visual motif iluminasi manuskrip Jawa kuno. Desain pengembangan dilakukan melalui sepuluh prosedur yaitu: (a) analisis kebutuhan, (b) perencanaan, (c) mengembangkan produk awal, (d) uji coba pendahuluan, (e) revisi I, (f) uji coba terbatas, (g) revisi II, (h) uji coba luas, (i) revisi III, (j) produksi massal. Subjek uji coba produk adalah 32 siswa kelas VII G SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dokumentasi, observasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Motif iluminasi yang diambil merupakan simbol kepemimpinan di Yogyakarta diantaranya simbol mahkota, simbol payung, simbol naga dan simbol burung. Masing-masing simbol dijadikan motif dalam suatu iluminasi dan memliki berbagai makna tergantung isi atau konteks dari manuskripnya. Media aplikasi pembelajaran ragam hias pada motif iluminasi manuskrip Jawa kuno layak digunakan dengan hasil penilaian oleh ahli materi mencapai skor 3,78 dengan kriteria “Sangat Baik”, penilaian oleh ahli media mencapai skor 4,00 dengan kriteria “Sangat Baik”, penilaian oleh guru mencapai skor 3,86 dengan kriteria “Sangat Baik” dan penilaian oleh siswa mencapai 95% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil Uji coba penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai karakter dan hasil belajar, yang dibuktikan perolehan uji Wilcoxon yaitu menunjukkan peningkatan nilai karakter religius sebesar 23,16%, nilai karakter nasionalis 24,50%, nilai karakter integritas 25,00%, nilai karakter mandiri 28,08%, dan nilai karakter gotong royong 28,66%. hasil penilaian tes tertulis menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 9,68% dan penilaian tes praktik/keterampilan menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 8,44%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motif iluminasi naskah Jawa, pembelajaran ragam hias
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:53
Last Modified: 31 Jan 2020 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66376

Actions (login required)

View Item View Item