Pengembangan Bahan Ajar dengan Menerapkan Metode Somatic pada Mata Kuliah Olah Tubuh Jurusan Pendidikan Seni Tari di Universitas Negeri Yogyakarta.

Fajar, Danang Anikan and Wiharsih, Rumi (2019) Pengembangan Bahan Ajar dengan Menerapkan Metode Somatic pada Mata Kuliah Olah Tubuh Jurusan Pendidikan Seni Tari di Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAM PIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar, media dan metode pengajaran yang cocok untuk proses pembelajaran olah tubuh sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam pelaksanaannya, agar proses transfer materi dapat berjalan dengan maksimal sehingga dapat meningkatkan proses dan hasil belajar olah tubuh mahasiswa di Jurusan Pendidikan Seni Tari UNY; dan (2) mengungkap cara mengujicobakan rancangan materi pembelajaran mata kuliah olah tubuh mahasiswa di Jurusan Pendidikan Seni Tari UNY. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan pengembangan menurut Borg dan Gall dengan 10 langkah pengembangan: analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan format produk awal, validasi produk awal, uji coba produk, revisi produk tahap awal, uji coba lapangan, revisi produk lapangan, revisi produk akhir, desiminasi dan implementasi . Subjek uji coba adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Tari UNY. Kualitas materi dan media pembelajaran yang di kembangkan dipertanggungjawabkan dengan analisis data kuesioner melalui ahli media, ahli materi, peer reviewer dan uji terbatas siswa. Kelayakan dan efektivitas media diukur melalui tes unjuk kerja yang datanya diolah menggunakan uji t. Media pembelajaran dinyatakan layak apabila skor rata-rata akhir minimal 75. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) hasil evaluasi ahli materi, adalah 88,3. Hasil evaluasi ahli media tahap kedua adalah 89,5. Karena nilainya di atas batas minimal 75, materi dan media termasuk kategori layak dan dapat diujikan kepada mahasiswa. (2) lebih dari 75% siswa memenuhi standar ketuntasan belajar. Aspek media dinilai dengan menggunakan angket dengan skala Likert memperoleh nilai 80,7. Jadi dapat disimpulkan bahwa materi dan media pembelajaran modul dapat diaplikasikan pada mata kuliah olah tubuh di Jurusan Pendidikan Seni Tari.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, media pembelajaran, olah tubuh, somatic
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:40
Last Modified: 25 Oct 2019 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66373

Actions (login required)

View Item View Item