PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PERENCANAAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI (PrBKP) KELAS XI SEMESTER GASAL DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Hakim, Muhammad Fatah Nur (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PERENCANAAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI (PrBKP) KELAS XI SEMESTER GASAL DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan peneletian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengembangangkan modul pembelajaran pembelajaran Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti untuk kelas XI semester gasal di SMK Negeri 3 Yogyakarta (2) mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran, (3) mengetahui komponen yang menjadikan modul pembelajaran Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti layak dari aspek media, dan (4) mengetahui komponen yang menjadikan modul pembelajaran Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti layak dari aspek materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 4D (Four-D). Pada penelitian ini terdapat empat tahapan utama dalam pengembangan media, adalah: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket untuk menguji tingkat kelayakan modul pembelajaran. Teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis deskriptif yang dilakukan melalui tiga tahap, adalah: (1) mentabulasi data, (2) menghitung perolehan skor, (3) mengonversi skor yang diperoleh dengan skala empat mengacu pada tabel konversi skor empat. Hasil pengembangan didapatkan (1) tingkat kelayakan dari aspek media sebesar 3,14 dengan kategori “layak”, dan dari aspek materi sebesar 3,43 dengan kategori “sangat layak”, (2) ukuran kertas serta penggunaan format yang konsisten merupakan komponen dengan kategori “sangat layak” dari aspek media, (3) penggunaan bahasa yang mudah dipahami, tugas yang diberikan dapat melatih siswa memahami materi, kesesuaian materi dengan silabus, serta modul telah sesuai dengan perkembangan zaman merupakan komponen dengan kategori “sangat layak” dari aspek materi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti, Four-D, Komponen Kelayakan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:10
Last Modified: 25 Oct 2019 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66369

Actions (login required)

View Item View Item