Pengembangan Model Discovery Learning using Multiple Representations (DLMRs) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ingin Tahu Siswa.

Syahmel, Syahmel and Jumadi, Jumadi (2019) Pengembangan Model Discovery Learning using Multiple Representations (DLMRs) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ingin Tahu Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan model Discovery Learning using Multiple Representations (DLMRs) pada materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari untuk siswa kelas VIII SMP; (2) kepraktisan model DLMRs yang dikembangkan untuk para guru IPA dan siswa kelas VIII SMP; dan (3) keefektifan model DLMRs dalam meningkatkan keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis dan sikap ingin tahu siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi prosedur pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah yakni: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) penilaian ahli, (5) revisi hasil penilaian ahli, (6) uji coba terbatas, (7) revisi hasil uji coba terbatas, (8) uji coba lapangan, (9) revisi produk akhir, dan (10) penyebarluasan dan implementasi. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 15 siswa kelas VIII.4 SMPN 1 Watopute. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 31 siswa kelas VIII.1 dan pada kelas kontrol terdiri dari 32 siswa kelas VIII.3 SMPN 1 Watopute. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes uraian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis, lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains dan sikap ingin tahu peserta didik, angket untuk mengetahui keterbacaan LKPD model DLMs, serta angket untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap model DLMRs. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model DLMRs yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli; (2) model DLMRs praktis untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian yang diberikan oleh guru dan peserta didik; (3) model DLMRs efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa; (4) model DLMRs efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa; dan (5) model DLMRs efektif untuk meningkatkan sikap ingin tahu siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model DLMRs, Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Ingin Tahu
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:08
Last Modified: 25 Oct 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66368

Actions (login required)

View Item View Item