Habbellia, Ray Cinthya and Rosana, Dadan (2019) Pengembangan Web Modul IPA Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Potensi Lokal Ekosistem Pegunungan Dieng untuk Meningkatkan Thinking skills dan Sikap Positif terhadap IPA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (920kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan web modul IPA berbasis guided inquiry terintegrasi potensi lokal ekosistem pegunungan Dieng yang valid dan praktis; (2) mengetahui perbedaan thinking skills dan sikap positif terhadap IPA antara kelas eksperimen dan kontrol; serta (3) mengetahui efektivitas web modul IPA berbasis guided inquiry terintegrasi potensi lokal ekosistem Pegunungan Dieng untuk meningkatkan thinking skills dan sikap positif terhadap IPA Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan mengadaptasi prosedur pengambangan 4D oleh Thiagarajan dengan langkah-langkah meliputi: (a) pendefinisian, (b)perancangan, (c) pengembangan, dan (d) penyebarluasan. Subjek uji coba dipilih mengunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan dua kelompok subjek uji coba di kelas 7 SMP Negeri 1 Wonosobo. Siswa pada kelas eksperimen terdiri dari 24 siswa dan pada kelas kontrol terdiri dari 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal esai untuk mengukur thinking skill dan angket untuk mengukur sikap positif siswa terhadap IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji manova dengan taraf signifikasin 5%. Hasil penelitian ini yaitu: (1) telah dihasilkan web modul IPA berbasis guided inquiry terintegrasi potensi lokal ekosistem pegunungan Dieng yang valid dengan kategori tinggi serta praktis dengan kategori sangat praktis, (2) terdapat perbedaan thinking skills dan sikap positif terhadap IPA antara kelas eksperimen dan kontrol, serta (3) web modul IPA berbasis guided inquiry terintegrasi potensi lokal ekosistem Pegunungan Dieng efektif untuk meningkatkan thinking skills dengan ketegori tinggi dan efektif untuk meningkatkan sikap positif terhadap IPA dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | web modul IPA, potensi lokal ekosistem Pegunungan Dieng, thinking skills, sikap positif terhadap IPA |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 02:59 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 02:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66365 |
Actions (login required)
View Item |