Pengembangan Web Modul IPA Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Potensi Lokal Ekosistem Pegunungan Dieng untuk Meningkatkan Thinking skills dan Sikap Positif terhadap IPA.

Habbellia, Ray Cinthya and Rosana, Dadan (2019) Pengembangan Web Modul IPA Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Potensi Lokal Ekosistem Pegunungan Dieng untuk Meningkatkan Thinking skills dan Sikap Positif terhadap IPA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan web modul IPA berbasis guided inquiry terintegrasi potensi lokal ekosistem pegunungan Dieng yang valid dan praktis; (2) mengetahui perbedaan thinking skills dan sikap positif terhadap IPA antara kelas eksperimen dan kontrol; serta (3) mengetahui efektivitas web modul IPA berbasis guided inquiry terintegrasi potensi lokal ekosistem Pegunungan Dieng untuk meningkatkan thinking skills dan sikap positif terhadap IPA Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan mengadaptasi prosedur pengambangan 4D oleh Thiagarajan dengan langkah-langkah meliputi: (a) pendefinisian, (b)perancangan, (c) pengembangan, dan (d) penyebarluasan. Subjek uji coba dipilih mengunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan dua kelompok subjek uji coba di kelas 7 SMP Negeri 1 Wonosobo. Siswa pada kelas eksperimen terdiri dari 24 siswa dan pada kelas kontrol terdiri dari 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal esai untuk mengukur thinking skill dan angket untuk mengukur sikap positif siswa terhadap IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji manova dengan taraf signifikasin 5%. Hasil penelitian ini yaitu: (1) telah dihasilkan web modul IPA berbasis guided inquiry terintegrasi potensi lokal ekosistem pegunungan Dieng yang valid dengan kategori tinggi serta praktis dengan kategori sangat praktis, (2) terdapat perbedaan thinking skills dan sikap positif terhadap IPA antara kelas eksperimen dan kontrol, serta (3) web modul IPA berbasis guided inquiry terintegrasi potensi lokal ekosistem Pegunungan Dieng efektif untuk meningkatkan thinking skills dengan ketegori tinggi dan efektif untuk meningkatkan sikap positif terhadap IPA dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: web modul IPA, potensi lokal ekosistem Pegunungan Dieng, thinking skills, sikap positif terhadap IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:59
Last Modified: 25 Oct 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66365

Actions (login required)

View Item View Item