Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Buku Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru Karya Tuan Guru Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

Samidi, R and Suharno, Suharno (2019) Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Buku Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru Karya Tuan Guru Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam buku Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru karya Tuan Guru Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, dan (2) implementasi nilai-nilai Pancasila di organisasi Nahdlatul Wathan (NW). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive, yakni Pengurus Besar NW Pancor dan Anjani. Penelitian dilaksanakan di NW Pancor dan NW Anjani, NTB. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; (1) Kandungan nilai-nilai Pancasila yang terdapat di dalam buku Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru antara lain: a) Nilai ketuhanan: toleransi, kebebasan beribadah, cinta terhadap agama, dan hubungan saling mengisi antara agama dan negara, b) Nilai kemanusiaan: pemenuhan hak masyarakat, pemerataan, dan egaliter, c) Nilai persatuan: memupuk persatuan, nasionalisme, dan menghilangkan sifat sukuisme, d) Nilai kerakyatan: menjunjung tinggi nilai musyawarah dan ikut berpartisipasi di bidang politik, dan (5) Nilai keadilan: pemerataan keadilan dalam perwujudan hak-hak individu dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan sosial. (2) Implementasi nilai-nilai Pancasila yakni: a) NW Pancor, 1) Nilai ketuhanan: mendirikan Majelis Ta’lim NW dan Hamzanwadi, serta integrasi nilai-nilai syiar Islam melalui madrasah. 2) Nilai kemanusiaan: membangun madrasah, panti asuhan, bantuan beasiswa, Poskestren, dan koperasi pesantren. 3) Nilai persatuan: integrasi antar kader melalui pengajian, gotong royong, dan ikut serta program pemerintah sebagai upaya cinta tanah air. 4) Nilai kerakyatan: musyawarah mufakat dan ikut serta dalam pertarungan politik. 5) Nilai keadilan: penyelenggaraan kegiatan di bidang pendidikan, sosial, dan dakwah. (b) NW Anjani, 1) Nilai ketuhanan: mendirikan Majelis Ta’lim NW dan Hamzanwadi II, integrasi syiar Islam dengan mendirikan madrasah, dan toleransi. 2) Nilai kemanusiaan: mendirikan madrasah, panti asuhan, Klinik Kesehatan Syaikh Zainuddin, dan bantuan beasiswa. 3) Nilai persatuan: integrasi antar kader melalui kegiatan pengajian, gotong royong, pencegahan radikalisme, dan ikut dalam program pemerintah. 4) Nilai kerakyatan: musyawarah mufakat dan ikut aktif dalam kegiatan politik; 5) Nilai keadilan: perwujudan keadilan sosial melalui pembangunan panti asuhan, klinik, dan toleransi umat beragama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi, nilai-nilai Pancasila
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:03
Last Modified: 25 Oct 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66362

Actions (login required)

View Item View Item