Peningkatkan Perilaku Assertive melalui Teknik Asertive Training pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 6 Bantul Yogyakarta.

Ahmad, Mujahida and Arikunto, Suharsimi (2019) Peningkatkan Perilaku Assertive melalui Teknik Asertive Training pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 6 Bantul Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Bantul melalui teknik latihan asertif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam empat siklus menggunakan tenik latihan asertif. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Bantul. Jenis tindakan yang dilakukan adalah konseling kelompok teknik latihan asertif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku asertif, observasi dan wawancara. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dari subjek memiliki perilaku asertif dalam kategori tinggi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik latihan asertif yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan refleksi dapat meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Bantul. Pra-tindakan yang dilakukan dengan menyebarkan skala perilaku asertif menghasilkan data perilaku asertif siswa dalam kategori rendah. Pada siklus pertama yang terdiri dari empat tindakan tidak terdapat siswa dalam kategori tinggi. Kemudian pada siklus kedua yang terdiri dari empat tindakan terdapat 1 siswa (16,7%) dalam kategori tinggi. Selanjutnya pada siklus ketiga yang terdiri dari empat tindakan terdapat 2 siswa (33,3%) dalam kategori tinggi. Sedangkan pada siklus keempat yang terdiri dari empat tindakan terdapat 5 siswa (83,3%) dalam kategori tinggi, dan sudah mencapai target keberhasilan. Hasil tersebut juga diperkuat dengan observasi dan wawancara terhadap subjek yang menunjukkan adanya peningkatan perilaku asertif dari pra tindakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan, perilaku asertif, teknik assertive training
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2019 08:17
Last Modified: 06 Jan 2022 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66361

Actions (login required)

View Item View Item