EFEKTIVITAS LATIHAN SHORTPASS BERPASANGAN DAN SHORTPASS DENGAN TARGET GAWANG KECIL TERHADAP KETERAMPILAN SHORTPASS DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA DI SSB GELORA MUDA SLEMAN USIA 11-12 TAHUN

Silitonga, Arisman (2019) EFEKTIVITAS LATIHAN SHORTPASS BERPASANGAN DAN SHORTPASS DENGAN TARGET GAWANG KECIL TERHADAP KETERAMPILAN SHORTPASS DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA DI SSB GELORA MUDA SLEMAN USIA 11-12 TAHUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
ARISMAN SILITONGA SKRIPSI FULL.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas latihan shortpass berpasangan dan shortpass dengan target gawang kecil terhadap keterampilan shortpass dalam permainan sepakbola di SSB Gelora Muda Sleman usia 11-12 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan “Two Group Pretest-Postest Design”. Populasi penelitian adalah siswa SSB yang berjumlah 187 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan purposive-sampling dan yang memenuhi berjumlah 32 pemain. Instrumen menggunakan tes keterampilan bermain sepakbola yang disusun oleh Subagyo Irianto (1995: 9) pada bagian “melakukan passing rendah menuju sasaran”. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan latihan shortpass berpasangan dan shortpass dengan target gawang kecil terhadap keterampilan shortpass dalam permainan sepakbola di SSB Gelora Muda Sleman dengan thitung sebesar 1,034 < 2,04 ttabel dan besar nilai signifikansi probability 0,310 > 0,05 dan thitung 1,034 < 2,04 ttabel dan besar nilai signifikansi probability 0,312 > 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Shortpass, Keterampilan, Sepakbola
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Oct 2019 08:07
Last Modified: 24 Oct 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66358

Actions (login required)

View Item View Item