Pengembangan Model Intervensi Berbasis Aplikasi Android untuk Pengembangan Status Identitas Religius Remaja Akhir Berdasarkan Lapisan Mikrosistem.

Pratiwi, Aulia Diah and Suwarjo, Suwarjo (2019) Pengembangan Model Intervensi Berbasis Aplikasi Android untuk Pengembangan Status Identitas Religius Remaja Akhir Berdasarkan Lapisan Mikrosistem. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi model intervensi (RIDE) berbasis Android untuk mengembangkan status identitas religius remaja akhir yang memenuhi syarat layak dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan model 4D (Four D Models). Prosedur penelitian dan pengembangan ini meliputi empat tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek penelitian yang terlibat dalam penelitian ini yaitu seorang ahli materi, seorang ahli media, 10 mahasiswa usia remaja akhir untuk responden uji coba terbatas dan 30 mahasiswa usia remaja akhir sebagai responden uji lapangan diperluas. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media serta lembar evaluasi mahasiswa. Teknik analisis data untuk menentukan kelayakan dan efektivitas aplikasi RIDE menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kategorisasi. Hasil penelitian dan pengembangan aplikasi RIDE menunjukkan bahwa aplikasi RIDE memenuhi kriteria sangat layak dari ahli materi, ahli media dan responden uji coba terbatas. Uji kelayakan dari ahli materi memperoleh skor 90.5% dengan kategori “Sangat Layak”, dari ahli media memperoleh skor 92.63% dengan kategori “Sangat Layak” dan dari responden uji coba terbatas memperoleh skor 80.9% dengan kategori “Sangat Layak”. Aplikasi RIDE juga efektif dalam mengembangkan status identitas religius remaja akhir pada subjek uji lapangan diperluas. Peningkatan status identitas religius remaja akhir terlihat pada pencapaian remaja akhir pada kategori status identitas religius achievement yang semula 23.33% menjadi 80%. Temuan lain dalam penelitian ini yaitu bahwa urutan lapisan mikrosistem yang paling berpengaruh dalam upaya pengembangan status identitas religius yaitu (1) lingkungan ibadah/masyarakat, (2) teman sebaya, (3) keluarga/orang tua, dan (4) media. Dengan demikian, penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa aplikasi RIDE layak dan efektif mengembangkan status identitas religius achievement pada remaja akhir.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aplikasi android, identitas religius, remaja akhir, lapisan mikrosistem
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2019 08:05
Last Modified: 16 Dec 2021 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66357

Actions (login required)

View Item View Item