PENGARUH LATIHAN SERVIS ATAS JARAK DUA METER DAN EMPAT METER DARI GARIS BELAKANG TERHADAP KETEPATAN SERVIS ATAS BOLA VOLI PADA ATLET PUTRA GANEVO SC YOGYAKARTA

Prastawa, Febri Eka (2019) PENGARUH LATIHAN SERVIS ATAS JARAK DUA METER DAN EMPAT METER DARI GARIS BELAKANG TERHADAP KETEPATAN SERVIS ATAS BOLA VOLI PADA ATLET PUTRA GANEVO SC YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi febri fix.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan servis jarak dua meter dan empat meter dari belakang garis akhir terhadap ketepatan servis bola voli pada atlet putra Ganevo SC Yogyakarta. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah two-group pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini peserta atlet senior putra Ganevo SC Yogyakarta. Sampel Penelitian adalah atlet senior putra Ganevo SC Yogyakarta yang berjumlah 20 orang Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Cirinya sebagai beirkut: (1) terdaftar sebagai atlet GANEVO Sport Club (SC) Yogyakarta, (2) aktif latihan diklub GANEVO Sport Club (SC) Yogyakarta, (3) bersedia mengikuti treatment selama 16 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes ketepatan servis atas. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada jarak 2 meter diperoleh t hitung sebesar 1,633 < 2,09 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,119 > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak, berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan latihan servis jarak dua meter dari belakang garis akhir terhadap ketepatan servis bola voli pada atlet Putra Ganevo SC Yogyakarta. Hasil rerata pretest sebesar 8,00 dan posttest 8,40. Pada jarak 4 meter diperoleh hasil bahwa t hitung sebesar 5,107 > 2,09 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan latihan servis jarak empat meter terhadap ketepatan servis bola voli pada atlet Putra Ganevo SC Yogyakarta. Hasil rerata pretest sebesar 10,05 dan posttest sebesar 11,85. Sedangkan keseluruhan dari hasil uji t dapat dilihat bahwa t hitung sebesar 0,178 < 2,20 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,861 > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak berarti tidak memiliki pengaruh yang signifikan antara latihan servis atas jarak dua meter dan empat meter dari belakang garis terhadap ketepatan servis atas bolavoli pada atlet putra Gnevo SC Yogyakarta. Hal ini menunjukkan bahwa kedua latihan servis dengan jarak berbeda tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan, servis atas, bolavoli
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:56
Last Modified: 24 Oct 2019 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66356

Actions (login required)

View Item View Item