HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BANTUL

Rizalludin, Diki Lukman (2019) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DIKI LUKMAN_PJKR-2014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan problem based learning dan hubungan interpersonal siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas X SMA Negeri 3 Bantul tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Bantul Yogyakarta yang berjumlah 120 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2019 di SMA Negeri 3 Bantul. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning dengan prestasi belajar siswa dan juga terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan interpersonal siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas X SMA Negeri 3 Bantul. Hal tersebut ditunjukkan dengan dengan hasil uji t yang menunjukkan nilai 0,00 < 0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning dan hubungan interpersonal siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas X SMA Negeri 3 Bantul . Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F yaitu 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, interpersonal relationships, learning, acievement
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:35
Last Modified: 24 Oct 2019 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66352

Actions (login required)

View Item View Item