SURVEI KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA WANITA KOTA MADIUN

Setiawan, Ramadanu (2019) SURVEI KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA WANITA KOTA MADIUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
PDF SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa aktif peserta didik tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLB Dharma Wanita Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa cheklist. Populasi yang digunakan adalah siswasiswi SLB Dharma Wanita Kota Madiun kategori kelas C Tunagrahita (SMA). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SLB Dharma Wanita Kota Madiun kategori kelas C Tunagrahita (SMA) yang berjumlah 16 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Analisa data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif melalui perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan peserta didik tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SLB Dharma Wanita Kota Madiun dapat dikatakan kadang-kadang aktif, dari hasil yang diperoleh menunjukkan persentase sebesar 65,7%. Hasil tersebut merupakan jumlah rata-rata dari dua kali pengamatan yang dilakukan peneliti pada tanggal 26 Juli 2019 dan 2 Agustus 2019 dengan hasil 62,5% dan 68,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan ,Pembelajaran Penjas, Siswa Tunagrahita
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Oct 2019 06:22
Last Modified: 24 Oct 2019 06:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66345

Actions (login required)

View Item View Item