PELAKSANAAN PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SEKOLAH DASAR GUGUS I KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO

Putra, Singgih Nugraha Mandar (2021) PELAKSANAAN PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SEKOLAH DASAR GUGUS I KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_singgih nugraha mandar putra_12604224051.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah dasar gugus I Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulonprogo. Populasi penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Negeri se-Gugus 1 Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, yang berjumlah 8 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuisioner. data dari peneliti akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan presentase, yaitu data dari angket yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan presentase. Analisi tersebut untuk mengetahui pengelolaan ekstrakurikuler olahraga di SD se-gugus I Kecamatan Pengasih. Instrumen yang digunakan berupa angket yang terdiri dari pertanyan positif dan negative. Tingkat kesetujuan responden diklasifikasi sebagai berikut; selalu (S), sering (SR), jarang (J), tidak pernah (TP). Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil penelitian pengelolaan ekstrakurikuler olahraga di Sekolah Dasar se-gugus I Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta sebanyak 1 sekolah (12,5%) memiliki pengelolaan ekstrakurikuler olahraga sangat kurang, 1 sekolah (12,5%) memiliki pengelolaan ekstrakurikuler olahraga kurang, 3 sekolah (37,5%) memiliki pengelolaan ekstrakurikuler olahraga sedang, 3 sekolah (37,5%) memiliki pengelolaan ekstrakurikuler olahraga baik, dan 0 sekolah (0%) memiliki pengelolaan ekstrakurikuler olahraga sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, S.Pd., M.Or.
Uncontrolled Keywords: olahraga, ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:55
Last Modified: 03 Jun 2021 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66344

Actions (login required)

View Item View Item