TINGKAT KEBUGARAN JASMANI CALON ANGGOTA DAN ANGGOTA RESIMEN MAHASISWA (MENWA) PASOPATI UNY TAHUN 2019

Syafruddin, Raden Zulchan (2019) TINGKAT KEBUGARAN JASMANI CALON ANGGOTA DAN ANGGOTA RESIMEN MAHASISWA (MENWA) PASOPATI UNY TAHUN 2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TINGKAT KEBUGARAN JASMANI CALON ANGGOTA DAN ANGGOTA RESIMEN MAHASISWA (MENWA) PASOPATI UNY TAHUN2.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani calon anggota dan anggota Menwa Pasopati UNY Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi yang digunakan adalah calon anggota dan anggota aktif Menwa Pasopati UNY sebanyak 81 orang. Sampel pada penelitian ini adalah calon anggota dan anggota aktif Menwa Pasopati UNY yang berusia 16-19 tahun, setelah dilakukan pengambilan sample secara purposive sampling, didapat sampel dengan jumlah calon anggota dan anggota 29 orang, yang terdiri dari 14 orang putra dan 15 orang putri. Proses pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan di Stadion Atletik UNY. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk remaja umur 16-19 tahun. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani sesuai dengan tabel tingkat kesegaran jasmani, sebanyak 29 orang calon anggota dan anggota Menwa Pasopati UNY, kategori baik (B) sebanyak 14 orang dengan persentase 48,28%, kategori sedang (S) sebanyak 11 orang dengan persentase 37,93%, kategori kurang (K) sebanyak 4 orang dengan persentase 13,79%, tidak terdapat calon anggota dan anggota dengan kategori baik sekali (BS) dan kurang sekali (KS). Sehingga dapat diketahui bahwa Kebugaran Jasmani calon anggota dan anggota aktif Menwa Pasopati UNY yang berusia 16-19 tahun sebagian besar termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Oct 2019 03:46
Last Modified: 24 Oct 2019 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66336

Actions (login required)

View Item View Item