Profil Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Negeri Kota Yogyakarta Kelas XI Pada Materi Sistem Peredaran Darah Ditinjau Dari Lama Mengajar dan Latar Belakang Akademik Guru

Mutia, Suraihana and Djukri, Djukri (2019) Profil Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Negeri Kota Yogyakarta Kelas XI Pada Materi Sistem Peredaran Darah Ditinjau Dari Lama Mengajar dan Latar Belakang Akademik Guru. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan lama mengajar dengan profil keterampilan proses sains pada pembelajaran biologi; (2) hubungan latar belakang akademik guru dengan profil keterampilan proses sains pada pembelajaran biologi; (3) seperti apa profil keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri Kota Yogyakarta pada pembelajaran biologi dengan aspek mengamati, mengkalsifikasi, menafsirkan, memprediksi, mengidentifikasi variabel, mendeskripsikan hubungan antara variabel, pengolahan data dan membuat hipotesis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini tidak melakukan menipulasi variabel apapun melainkan hanya mendeskripsikan kondisi varibel-variabel yang diteliti. Populasi penelitian ini adalah SMA Negeri Kota Yogyakarta yang telah menjadi pilot project dan telah menerapkan kurikulum 2013 mulai tahun 2013/2014 yang berjumlah 3 sekolah negeri Kota Yogyakarta. Sampel penelitian ini dengan teknik purposive random sampling. Sampel penelitian melibatkan 165 peserta didik kelas XI. Sumber data profil keterampilan proses sains dari tes tertulis, sedangkan lama mengajar dan latar belakang akademik guru diperoleh dari wawancara dan angket. Instrumen penelitian berupa soal tes tertulis berjumlah 13 soal dengan uji reliabilitas angka Cronbach’s Alpha 0.735 tergolong tinggi, dan uji validitas dengan nilai kofisien korelasi <0,05. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (a) lama mengajar guru memiliki hubungan dengan kemampuan keterampilan proses sains dalam pembelajaran biologi; (b) latar belakang akademik guru memiliki hubungan dengan kemampuan keterampilan proses sains dalam pembelajaran biologi; (c) profil keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri Kota Yogyakarta pada pembelajaran biologi dengan aspek mengamati, mengklasifikasi, menafsirkan, memprediksi, mengidentifikasi varibel, mendeskripsikan hubungan antara variabel, pengolahan data dan membuat hipotesis tergolong sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan proses sains, lama mengajar, latar belakang akademik guru.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2019 03:44
Last Modified: 03 Mar 2023 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66333

Actions (login required)

View Item View Item