Pengaruh Pendekatan Socio-Scientific Issues Pada Materi Biologi Perubahan Lingkungan Dengan Setting Pembangunan Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Nilai Karakter Kebangsaan.

Nurtian, Jelita Alviolina and Aminatun, Tien (2019) Pengaruh Pendekatan Socio-Scientific Issues Pada Materi Biologi Perubahan Lingkungan Dengan Setting Pembangunan Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Nilai Karakter Kebangsaan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran socio scientific issues berbasis konsep pembangunan berkelanjutan pada materi biologi terhadap kemampuan berpikir kritis dan nilai karakter kebangsaan siswa SMA 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah masing-masing satu kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan total sampel sebanyak 49 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yang berupa soal essay keterampilan berpikir kritis dan angket nilai karakter kebangsaan siswa. Data hasil penelitian dianalisis melalui uji prasyarat, uji Independent Sample T-Test, perhitungan Gain Score, uji multivariate analysis of variance (MANOVA) dan uji korelasi pearson. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) pendekatan socio-scientific issues berpengaruh kemampuan berpikir kritis siswa ditunjukkan dengan signifikansi 0,014 dengan taraf 0,05 dan nilai signifikansi pada karakter kebangsaan siswa 0,411 dengan taraf 0,05. (2) Meskipun hasil nilai karakter kebangsaan siswa tidak menunjukkan hasil yang signifikan, namun terdapat peningkatan rata-rata nilai. Hasil analisis N-gain score pada kelas eksperimen menunjukan 0,02 dan N-gain score pada kelas kontrol 0,04 keduanya dalam kategori rendah. (3) pendekatan socio-scientific issues berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan nilai karakter bangsa ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,00 dengan taraf 0,05 (4) Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kritis dan nilai karakter bangsa siswa ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,042 dengan taraf 0,05 pada uji korelasi pearson.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Socio-Scientific Issues, Berpikir Kritis, Nilai Karakter Kebangsaan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2019 03:30
Last Modified: 03 Mar 2023 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66329

Actions (login required)

View Item View Item