FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN PESERTA DIDIK KELAS X KURANG BERMINAT TERHADAP PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Purnamasari, Anisa Putri (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN PESERTA DIDIK KELAS X KURANG BERMINAT TERHADAP PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANISA P PJKR 2015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik kelas X kurang berminat terhadap pembelajaran senam lantai guling belakang di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMK Negeri 5 Yogyakarta yang diambil dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu hasil wawancara dengan guru PJOK, teman terdekat, dan dokumentasi saat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik kelas X kurang berminat terhadap pembelajaran senam lantai guling belakang di SMK Negeri 5 Yogyakarta, yaitu: (1) Faktor intrinsik pada indikator fisik diantaranya berat badan berlebih dan tangan sakit saat melakukan guling belakang. Indikator psikologis yaitu peserta didik kurang tertarik mengikuti pembelajaran senam lantai guling belakang, karena lebih tertarik dengan olahraga yang ada unsur permainan. Peserta didik merasa takut cedera saat melakukan gerakan senam lantai guling belakang, khususnya peserta didik perempuan. (2) Faktor ekstrinsik pada indikator sosial yaitu teman yang sudah bisa tidak membantu teman yang lain, malah cenderung mengejek atau menertawakan. Indikator non-sosial yaitu materi pembelajaran yang diberikan kurang menarik, guru jarang memberikan contoh dan menggunakan media untuk pembelajaran. Matras yang digunakan sedikit dan kondisinya sudah tipis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat, pembelajaran senam lantai, guling belakang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Oct 2019 03:07
Last Modified: 24 Oct 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66327

Actions (login required)

View Item View Item