Ashari, Diar Mulya (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEKNIK KONSTRUKSI FABRIKASI LOGAM KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1_COVER -TTD-DAPUS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
2__BAB I.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
3__BAB II.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
4__BAB III.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB IV.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
6_BAB V.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
7_Daftar Pustak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
8__Lampiran Final.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keadaan faktor internal dan eksternal siswa kelas XI Teknik Fabrikasi Logam terhadap pencapaian prestasi belajar mata pelajaran Teknik Konstruksi Fabrikasi Logam. (2) mengetahui faktor internal dan eksternal apakah yang perlu ditingkatkan agar dapat memberi pengaruh hasil belajar siswa kelas XI Teknik Fabrikasi Logam di SMK N 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI jurusan Teknik Fabrikasi Logam di SMK N 1 Seyegan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari 27 siswa sebagai responden (40,74%) menjawab menjawab memiliki motivasi belajar rendah, (2) faktor minat belajar siswa (55,55%) siswa menjawab memiliki minat dalam belajar yang tinggi, (3) faktor kecerdasan siswa (37,03%) menjawab memiliki kecerdasan rendah, (4) faktor jasmani siswa (74,07%) siswa menjawab memiliki masalah jasmani yang rendah. (5) sebanyak (48,04%) siswa menjawab sarana prasarana yang ada telah mendukung dengan tingkat yang sedang, (6) faktor lingkungan keluarga (37,03) siswa menjawab lingkungan keluarga memiliki peran yang sedang dalam pencapaian prestasi belajar, (7) faktor guru/ tenaga pendidik (59,25 %) siswa menjawab guru / tenaga pendidik memiliki peran yang tinggi, (8) faktor lingkungan kelas (55,55%) siswa menjawab bahwa lingkungan kelas memiliki peran yang rendah, (9) faktor metode pembelajaran (48,14%) siswa menjawab bahwa metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru memiliki peran yang sedang, (10) hasil temuan penelitian ini adalah bahwa faktor lingkungan kelas dan faktor kecerdasan siswa memiliki tingkat yang rendah dalam mendukung pencapaian prestasi belajar siswa. Hal ini nampak pada nilai persentase hasil analisis uji angket siswa. Saran yang diajukan peneliti adalah sebaiknya sekolah menciptakan lingkungan kelas yang kompetitif antar siswa dalam berprestasi agar prestasi siswa meningkat. serta siswa meningkatkan minat baca dan berlatih mengerjakan soal agar kecerdasanya bertambah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor Internal, Faktor External, Motivasi, Kecerdasan, Minat, Jasmani, Sarana Prasarana, Lingkungan Keluarga, Lingkungan kelas, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 01:12 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 01:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |