Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Project Task untuk Meningkatkan Scientific Writing Skills dan Sikap Kritis Peserta Didik SMP.

Pusptaningtyas, Dessy and Senam, Senam (2019) Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Project Task untuk Meningkatkan Scientific Writing Skills dan Sikap Kritis Peserta Didik SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (942kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tingkat kelayakan LKPD berbasis inquiry project task, menganalisis karakteristik LKPD berbasis inquiry project task dalam pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, dan menguji efektivitas LKPD berbasis inquiry project task untuk meningkatkan scientific writing skills dan sikap kritis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Purworejo. Penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model 4D yang meliputi langkah define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 6 peserta didik kelas VII F SMP Negeri 8 Purworejo. Subjek uji coba lapangan utama meliputi 32 peserta didik kelas VII D (kelas eksperimen) dan VII E (kelas kontrol) SMP Negeri 8 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes menggunakan wawancara, lembar validasi produk, lembar respon keterbacaan LKPD berbasis inquiry project task, serta lembar observasi scientific writing skills dan sikap kritis. Kevalidan LKPD berbasis inquiry project task dianalisis secara kuantitatif berdasarkan penilaian ahli. Butir instrumen scientific writing skills dan sikap kritis dianalisis melalui uji empiris serta divalidasi dan dinyatakan valid oleh ahli. Analisis efektivitas dengan menggunakan multivariat analysis of variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD berbasis inquiry project task layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dengan penilaian sangat baik. Karakteristik LKPD berbasis inquiry project task yang dikembangkan berupa tugas yang melibatkan kegiatan penyelidikan untuk memecahkan masalah melalui penciptaan suatu proyek. Penerapan LKPD berbasis inquiry project task efektif dalam meningkatkan scientific writing skills dan sikap kritis dengan ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 (sig 2-tailed < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: inquiry project task, scientific writing skills, sikap kritis.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2019 06:18
Last Modified: 10 Feb 2022 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66297

Actions (login required)

View Item View Item