Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Masalah dan Keterampilan Literasi ICT Peserta Didik SMA.

Rahmi, Putri Z and Jumadi, Jumadi (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Masalah dan Keterampilan Literasi ICT Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing berbantuan e-learning yang layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika berdasarkan para ahli; (2) Mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan e-learning untuk meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah dan keterampilan literasi ICT peserta didik SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pendekatan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Uji coba luas produk perangkat pembelajaran fisika yang telah dikembangkan dilaksanakan melalui penelitian eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Subjek uji coba lapangan terdiri atas 94 peserta didik dari tiga kelas X IPA SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Data uji lapangan dikumpulkan dengan pemberian tes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes esai untuk mengukur keterampilan menyelesaikan masalah, dan tes pilihan ganda untuk mengukur keterampilan literasi ICT. Data dianalisis dengan uji paired sample t test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan e-learning memenuhi kriteria layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan masalah dan literasi ICT peserta didik. (2) Perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan e-learning efektif untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan masalah dan literasi ICT berdasarkan uji paired sample t test dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 dengan nilai effect size 1,71351362 untuk keterampilan menyelesaikan masalah, dan 1,73027673 untuk keterampilan literasi ICT.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Fisika, Inkuiri terbimbing, e-learning, 
 keterampilan menyelesaikan masalah, literasi ICT.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:05
Last Modified: 23 Oct 2019 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66291

Actions (login required)

View Item View Item