Keefektifan Pembelajaran Group Investigation Fisika Berbantuan Edmodo terhadap Keterampilan Kerjasama dan Problem Solving Skills Peserta Didik MAN 2 Pekanbaru.

Hilalliati, Nurul and Wilujeng, Insih (2019) Keefektifan Pembelajaran Group Investigation Fisika Berbantuan Edmodo terhadap Keterampilan Kerjasama dan Problem Solving Skills Peserta Didik MAN 2 Pekanbaru. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan Edmodo terhadap: (1) keterampilan kerjasama, (2) problem solving skills peserta didik MAN 2 Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment yang menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAN 2 Pekanbaru. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel adalah kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran GI berbantuan edmodo, kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol pertama yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran GI dan kelas X MIA 7 sebagai kelas kontrol kedua yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran langsung. Data dikumpulkan dengan tes dan observasi. Tes dipergunakan untuk mengetahui problem solving skills fisika peserta didik, sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan kerjasama peserta didik. Instrument divalidasi secara isi dan konstruk oleh ahli. Uji coba instrumen hanya dilakukan pada instrument tes. Analisis data menggunakan uji ANOVA untuk melakukan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran GI berbantuan Edmodo efektif terhadap keterampilan kerjasama peserta didik MAN 2 Pekanbaru, dan (2) model pembelajaran GI berbantuan Edmodo efektif terhadap problem solving skills peserta didik MAN 2 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Edmodo, Group Investigation, kerjasama, problem solving skills.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2019 02:18
Last Modified: 11 Oct 2023 08:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66283

Actions (login required)

View Item View Item