Pengembangan Komik Fisika Kearifan Lokal Alat Tangkap Ikan Tangkul Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Representasi Diagram.

Handayani, Dinda Putri and Kuswanto, Heru (2019) Pengembangan Komik Fisika Kearifan Lokal Alat Tangkap Ikan Tangkul Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Representasi Diagram. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran komik fisika kearifan lokal berbasis Android yang layak digunakan dan 2) menghasilkan media pembelajaran komik fisika kearifan lokal alat tangkap ikan tangkul berbasis Android yang efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan representasi diagram. Penelitian ini merupakan research and development yang menggunakan desain 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Desain penelitian yakni pretest dan posttest group design. Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan menganalisis masalah, mendesain produk awal, uji ahli, uji empirik, dan uji coba lapangan. Subjek uji empirik adalah 40 peserta didik MAN 3 Kota Jambi yang sudah mempelajari materi Hukum Archimedes, sedangkan subjek uji coba lapangan 32 peserta didik kelas XI MIPA 2 MAN 3 Kota Jambi sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non tes. Instrumen non tes meliputi penilaian produk dan materi. Instrumen tes meliputi pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji multivariat dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian menghasilkan media pembelajaran berbasis Android yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika MAN berdasarkan penilaian ahli. Media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan representasi diagram peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Komik fisika, Android, Berpikir kreatif, Representasi Diagram
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2019 01:56
Last Modified: 11 Oct 2023 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66281

Actions (login required)

View Item View Item