Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika TPACK-QR untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah dan Literasi ICT Siswa.

Oktasari, Depi and Jumadi, Jumadi (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika TPACK-QR untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah dan Literasi ICT Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk TPACK-QR fisika berupa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry menggunakan teknologi quick response (QR) code; (2) mengetahui kelayakan produk TPACK-QR fisika berupa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry menggunakan teknologi quick response (QR) code; (3) mendeskripsikan keefektifan TPACK-QR fisika berupa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry menggunakan teknologi quick response (QR) code dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah dan literasi ICT siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D dengan empat tahap yaitu: pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Penilaian kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi fiska, ahli media pembelajaran, guru fisika dan teman sejawat. Desain uji coba penelitian dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1, MIA 2, dan MIA 4 di SMAN 6 Yogyakarta. Instrumen penelitian terdiri dari tes, lembar penilaian materi, lembar penilaian media, lembar penilaian guru, dan lembar penilaian teman sejawat. Teknik analisis data menggunakan V Aiken, skala baku, dan General Linear Model (GLM) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Telah berhasil dikembangkan produk TPACK-QR fisika berupa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry menggunakan teknologi quick response (QR) code; (2) produk TPACK-QR fisika dengan model pembelajaran guided inquiry menggunakan teknologi quick response (QR) code yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran fisika; (3) Penggunaan TPACK-QR fisika efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah dengan nilai gain (g) masing-masing kelas yaitu sebesar 0,67, 0,60, dan 0,59 dengan kategori sedang dan literasi ICT dengan nilai gain (g) masing-masing kelas yaitu sebesar 0,55, 0,36, dan 0,38 dengan kategori sedang. Nilai Cohen’s f keterampilan komunikasi ilmiah dan literasi ICT yang dihasilkan masing-masing sebesar 0.15 dan 0.33 dengan kategori medium effect size dan large effect size.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Technology Pedagogical and Content Knowledge (TPACK), Quick Response (QR) Code, Guided Inquiry, Literasi ICT, Komunikasi Ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Oct 2019 01:46
Last Modified: 23 Oct 2019 01:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66280

Actions (login required)

View Item View Item