PENGARUH CORPORATE FINANCIAL CHARACTERISTICS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ-45 DI BURSA EFEK INDONESIA

Wulandari, Fatma Aurora (2019) PENGARUH CORPORATE FINANCIAL CHARACTERISTICS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ-45 DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FatmaAuroraWulandari_15808141021.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan (Size), Profitabilitas (ROA), dan Leverage (DAR) terhadap pengungkapan Corporate Social Responsilibity (CSR) perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ-45 Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu tahun yaitu tahun 2017. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang secara berturut-turut termasuk sebagai anggota Index LQ-45 di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausalitas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 41 perusahaan ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dengan mengambil data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan (Size) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dengan nilai koefisien regresi 0,013 dan signifikansi 0,245, sehingga hipotesis pertama ditolak. Profitabilitas yang diproksikan dengan ROA tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dengan nilai koefisien regresi 0,423 dan signifikansi 0,141, sehingga hipotesis kedua ditolak. Leverage yang diproksikan dengan DAR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan nilai koefisien 0,303 dan signifikansi 0,014, sehingga hipotesis ketiga diterima. Hasil F hitung sebesar 3,199 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,034. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 14,2% dan sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsilibity (CSR), Ukuran Perusahaan (size), Profitabilitas, dan Leverage
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 24 Oct 2019 01:59
Last Modified: 24 Oct 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66271

Actions (login required)

View Item View Item