ANALISIS EFISIENSI PERBANKAN HASIL MERGER DI INDONESIA DENGAN METODE TWO-STAGE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS

Wendha, Dicha Nur (2019) ANALISIS EFISIENSI PERBANKAN HASIL MERGER DI INDONESIA DENGAN METODE TWO-STAGE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS. S1 thesis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DichaNurWendha_15808141022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi bank hasil merger serta pengaruh Ukuran Perusahaan, Non-Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, Return on Asset, dan Capital Adequacy Ratio terhadap tingkat efisiensi bank hasil merger di Indonesia. Periode penelitian yang digunakan adalah dua tahun pra merger dan sepuluh tahun pasca merger. Desain penelitian ini adalah asosiatif kausal. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Data populasi penelitian sebanyak 10 perbankan dan diperoleh 4 perbankan sebagai sampel dengan metode pengamatan selama dua tahun pra merger dan sepuluh tahun pasca merger. Teknik analisis data yang digunakan adalah Two-Stage Data Envelopment Analysis, yaitu menggunakan Data Envelopment Analysis pada tahap pertama dan Regresi Tobit pada tahap kedua. Berdasarkan hasil analisis penelitian tahap pertama menunjukkan bahwa perbankan pada periode pra merger tidak efisien, dan berdasarkan metode CCR bank hasil merger tetap tidak efisien, namun berdasarkan metode BCC bank hasil merger menjadi lebih efisien. Selanjutnya, hasil analisis penelitian tahap kedua menunjukkan bahwa Ukuran perusahaan, Non-Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, dan Return on Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat efisiensi perbankan hasil merger, sedangkan Capital Adequacy Ratio tidak berpengaruh terhadap tingkat efisiensi perbankan hasil merger.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi Bank, Merger Bank, Data Envelopment Analysis, Determinan Efisiensi Bank, Ukuran Perusahaan, Non-Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, Return on Asset, Capital Adequacy Ratio
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:00
Last Modified: 24 Oct 2019 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66270

Actions (login required)

View Item View Item