Studi Kasus Akuisisi Pengetahuan Electronic Fuel Injection System Siswa SMK PGRI 1 Ngawi.

Nasrudin, Muchtar and Pardjono, Pardjono (2019) Studi Kasus Akuisisi Pengetahuan Electronic Fuel Injection System Siswa SMK PGRI 1 Ngawi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses akuisisi pengetahuan Electronic Fuel Injection System (EFIS) di SMK PGRI 1 Ngawi, meliputi: (1) pencapaian pengetahuan tentang EFIS. (2) proses akuisisi pengetahuan oleh siswa (3) cara siswa memperoleh pengetahuan tentang EFIS. (4) upaya siswa untuk menguasai pengetahuan EFIS. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 1 Ngawi dengan menggunakan pendekatan campuran (mix method) jenis explanatory case study). Pembangkitan data menggunakan teknik tes, wawancara mendalam (in-depth interview), observasi partisipasi dan studi dokumen. Informan dan objek penelitian ini meliputi: ketua program keahlian otomotif teknik kendaraan ringan, guru pengampu pengetahuan EFI, siswa yang mengikuti proses pembelajaran EFIS. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik expert judgment dan triangulasi data (sumber). Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan model interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian akuisisi pengetahuan tentang EFIS siswa SMK PGRI 1 Ngawi cukup baik dimana hasil belajar materi tentang EFIS yang berkategori rendah (20,60%) lebih kecil daripada yang berkategori sedang (67,64%) dan tinggi (11,76%); (2) proses akuisisi pengetahuan EFIS melalui tahapan pembelajaran kelas dan praktik di bengkel; (3) siswa memperoleh pengetahuan EFIS dengan mendengarkan penjelasan guru dan studi mandiri melalui membaca buku dan internet; (4) Upaya siswa memahami EFI dengan cara belajar mandiri, belajar kelompok, dan mendengarkan penjelasan guru;

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Akuisisi Pengetahuan, Electronic Fuel InjectionSystem
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:13
Last Modified: 31 May 2021 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66260

Actions (login required)

View Item View Item